Thursday, 30 April 2020

Makalah Kimia - Sifat Koligatif Larutan



I.       PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melakukan pemanasan air hingga mendidih . Kita ketahui bahwa air mendidih/panas tentunya memiliki suhu yang tinggi atau suhu saat tepat air mendidih. Di dalam ilmu kimia, kenaikan titik didih yaitu suhu dimana tekanan uap sebuah zat cair sama dengan tekanan eksternal yang dialami oleh cairan.

Selain kenaikan titik didih, kita juga mengenal istilah penurunan titik beku. Kenaikan titik didih maupun penurunan titik beku sama-sama dipengaruhi oleh zat terlarrutnya. Zat terlarut yang berbeda-beda tentunya memiliki titik didih maupun titik bekunya. Untuk memahami dan mengetahui bagaimana zat terlarut mempengaruhi titik didih dan titik beku larutan. Maka dilakukanlah percobaan mengenaikan kenaikan titik didih larutan dan penurunan titik beku larutan ini.


1.2  Tujuan Percobaan

Adapun tujuan dari percobaan ini adalah agar mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara zat terlarut terhadap titik didih dan titik beku larutan.



II.    TINJAUAN PUSTAKA


Sifat koligatif larutan adalah sifat yang disebabkan hanya oleh kebersamaan (jumlah partikel) dan bukan oleh ukurannya. Zat terlarut mempengaruhi sifat larutan, dan besarnya pengaruh bergantung pada jumlah partikel tersebut. Besarnya kenaikan titik didih dan penurunan titik beku bergantung pada konsentrasi zat terlarut (Syukri, S. 1999)

Penurunan titik beku berbanding lurus dengan penurunan tekanan uap, atau berbandingnya lurus dengan fraksi mol dan untuk larutan encer, keseimbangan ini dapat dianggap berlaku pula terhadap molalitas Lihat Selengkapnya....

No comments:

Post a comment