Monday, 4 May 2020

Makalah Kimia - Penentuan Air Kristal Prusi

I.       PENDAHULUAN



1.1  Latar Belakang

Dalam kegiatan laboratorium maupun di pabrik industri banyak sampel-sampel yang kita gunakan yang perlu kita ketahui kadar zat yang terkandung di dalamnya. Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kadar zat dalam suatu sampel. Dalam laboratorium kita sering menggunakan zat yang berwujud kristal, dimana kristal-kristal yang digunakan mungkin saja mudah bereaksi dengan air atau mengandung air.

Dalam ilmu kimia, lebih jelasnya di bidang kimia analitik kita mengenal istilah gravimetri dimana terdapat berbagai cara untuk menguji zat. Gravimetri ini pada dasarnya merupakan cara untuk menentukan berapa kadar zat dalam suatu sampel. Dengan gravimetri kita dapat menentukan kadar zat dengan dua cara, cara langsung ataupun cara tak langsung. Pada kegiatan laboratorium cara tak langsung adalah cara yang umum digunakan. Untuk dapat menentukan kadar air dari kristal prusi secara gravimetric, dilakukanlah percobaan ini.


1.2  Tujuan Percobaan

Adapuan tujuan dari percobaan ini adalah :
1.      Memahami prinsip dasar analisis gravimetric
2.      Menentukan kandungan air yang terkandung dalam CuSO4. X H2O




II.    TINJAUAN PUSTAKA



Analisis gravimetri adalah proses isolasi dan pengukuran berat suatu unsur atau senyawa tertentu. Bagian terbesar dari penentuan secara analisis gravimetri meliputi transformasi unsur atau radikal ke senyawa murni stabil yang dapat segera diubah menjadi bentuk yang dapat ditimbang dengan teliti.


  • Berat unsur dihitung berdasarkan rumus senyawa dan berat atom unsur-unsur yang menyusun senyawa tersebut. Pemisahan unsur-unsur atau senyawa yang dikandung dilakukan dengan beberapa cara, seperti Lihat Selengkapnya...

No comments:

Post a comment