Tuesday, 12 May 2020

Rangkuman Materi Kimia - Sifat Koligatif Larutan

Sifat koligatif larutan adalah suatu sifat larutan yang tidak tergantung pada suatu jenis zat yang larut tetapi hanya tergantung pada konsentrasi partikel zat larutannta. Kemudian Sifat koligatif larutan terdiri dari dua jenis sifat yaitu, sifat koligatif larutan elektrolit dan sifat koligatif larutan nonelektrolit.


Sifat koligatif terdiri pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmotik.
1. Penurunan Tekanan Uap
Molekul – molekul zat cair yang menyisakan permukaan akan mengakibatkan adanya tekanan uap zat cair. Akan semakin cepat molekul – molekul zat cair berubah menjadi sebuah uap, dan akan semakin tinggi juga tekanan pada uap zat cair. Apabila pada tekanan zat cair itu dilarutkan oleh zat pelarut yang tidak akan menguap, maka partikel – partikel zat terlarut akan mengurangi proses penguapan molekul – molekul zat cair.Contohnya yaitu Laut mati yang merupakan terjadinya penurunan tekanan uap pelarut pada zat terlarut yang tidak cepat menguap.

2. Kenaikan Titik Didih
Titik didih zat cair merupakan suhu tetap disaat zat cair mendidih. Pada suhu ini, tekanan uap zat cair memiliki persamaan pada tekanan udara yang ada disekitarnya. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penguapan pada seluruh bagian zat cair. Titik didih zat cair dapat diukur dengan tekanan 1 atmosfer.
Pada hasil penelitian, ternyata didalam titik didih larutan selalu lebih tinggi dibandingkan dengan titik didih pelarut murninya.Karena disebabkan oleh adanya partikel – partikel zat terlarut pada suatu larutan yang menghalangi proses penguapan partikel – partikel pelarut. Dengan begitu, penguapan partikel – partikel pelarut sangat membutuhkan energi yang lebih besar.

3. Penurunan Titik Beku
Adanya suatu zat terlarut pada larutan akan membuat sebuah titik beku larutan lebih kecil dibandingkan dengan titik beku pelarutnya.

4. Tekanan Osmotik
Tekanan osmotik merupakan gaya yang diperlukan dalam penyeimbangan pada desakan zat pelarut dari selaput semipermiabel melalui larutan. Membran semipermeabel yaitu selaput yang bisa dilalui molekul – molekul pelarut dan tidak bisa dilalui dengan zat terlarut.

No comments:

Post a comment